Selasa, 26 Februari 2013

Dari Pecahnya Gelas Jadi Belajar Bertanggung Jawab

Hari yang indah, Aiy bangun pagi lalu diajak jogging sama ayahnya, tapi dia milih cycling aja. Alhasil aku dan ayah ngikutin fathi. karena kami tinggal di lereng gunung jadi udara masih sejuk. Baru 30 menit udah selesai joggingnya karena distop sama tukang sayur. well dari pada gak sarapan kan...hehe.

Sementara cooking, fathi Mancing Mania dengan paper craft buatan sendiri. Nanti aku share caranya. Setalah beres semua, aku mulai asik OL (sebenarnya sih baru sebentar *ngeles hehe). sedangkan Aiy asik dengan Amplop Belajarnya (ini juga akan aku share). Tak lama dengar bunti gelas pecah, kaget juga. Ternyata Aiy main gelas dikasi garam lalu ambil air di dispenser (setelah aku introgasi dengan halus lo...). Gelasnya jatuh pecah sampai membuatnya terluka. Nah dalam menghadapi ini aku keingetan sama isi parenting day sekolah Aiy beberapa waktu lalu. Gimana cara menanggapi suatu kejadian atau musibah secara positif disamping juga busa untuk pelajaran akhlak. Langsung deh aku terapin. Ternyata cukup sukses... Caranya :
  1. Lihat apa yang terjadi (contoh : gelas pecah), pasang muka senyum, dekati, amankan dan tenangkan anak.
  2. bawa menjauh dan amati apakah ada yang terluka. jika ada segera obati ( and DON'T PANIC)
  3. Setelah aman, ajak bicara anak. Aku bilang pada Aiy, "nak kalo mendapat musibah seperti gelas pecah kita harus mengucapkan Innalillahi Wa Innalillahi R, coba Aiy ucapkan". "gak papa, bunda masih punya banyak gelas di dapur, tapi besok lagi hati-hati ya." "Nah sekarang kita bersihkan ya bersama-sama supaya kaki Aiy tidak kecoblos dan berdarah lagi." "Aiy tau apa alat yang digunakan untuk membersihkan kaca?" Lalu dia mengangguk dan berkata, "sapu". Lalu aku dan Aiy membersihkan bersama-sama.
Hasilnya beda dengan ketika kita panik dan memarahinya. udah sakit kakinya, hatinyapun retak cuma gara-gara gelas pecah. moment seperti ini bisa kita gunakan utuk mengajarkan bahwa segala sesuatu kembali ke Allah, tanggung jawab, emosi, sampai bagaimana membersihkan. gimana, mau pilih berdamai dengan anak atao ngajak "perang"??? Masak gelas 1 aja ngalahain sakit hai yang akan dibawa terus sampai dewasa kelak..hehe.
Yah...semua tergantung dari bagaimana ortu mensikapi, Wallahualam...


Sebenarnya Aiy takut juga karena baru pertama kali liat darah netes-netes gitu. Dengan jurus tertentu dia jadi sumringah lagi. Jurusnya...Mickey mouse. Aiy suka sekali karakter itu, makanya harus selalu simpan plester Hansap**s yang Disney edd. Luka hati dan luka badan jadi berkurang...


-Thanks for Reading-

1 komentar:

  1. buat aris
    kehidupan di dunia. seperti gelas. 1000 kebaikan. akan musnah dgn.1 masalah.
    seperti gelas pecah dan tak dapat diperbaiki

    BalasHapus